Skip to main content

STRUKTUR DATA


Pengertian
Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Type data sederhana
a. Type data sederhana tunggal, misalnya
Integer, real, boolean dan karakter
b. Type data sederhana majemuk, misalnya
String
 Struktur Data, meliputi
a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record
b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari
Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Inisialisai struktur Data
Dalam ilmu komputer, stack atau tumpukan merupakan sebuah koleksi objek yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhr kali dimasukkan akan pertama kali keluar dari stack tersebut. Stack dapat diimplementasikan sebagai representasi berkait atau kontigu (dengan tabel fix). Ciri Stack :
  • Elemen TOP (puncak) diketahui
  • penisipan dan penghapusan elemen selalu dilakukan di TOP
  • LIFO
Pemanfaatan Stack :
  • Perhitungan ekspresi aritmatika (posfix)
  • algoritma backtraking (runut balik)
  • algoritma rekursif
Operasi Stack yang biasanya :
  1. Push (input E : typeelmt, input/output data : stack): menambahkan sebuah elemen ke stack
  2. Pop (input/output data : stack, output E : typeelmt ) : menghapus sebuah elemen stack
  3. IsEmpty ()
  4. IsFull ()
  5. dan beberapas selektor yang lain.
Secara bahasa, Stack berarti tumpukan. Jika dikaitkan dengan struktur data, Stack berarti sekumpulan data yang organisasi atau strukturnya bersifat tumpukan atau menyerupai tumpukan.
Secara ilustrasi, stack dapat digambarkan dengan gambar di samping.
“Top “ merupakan pintu untuk keluar masuknya elemen – elemen stack. A, B, dan C merupakan suatu koleksi. Dari ilustrasi dapat digambarkan bahwa C merupakan elemen yang terakhir memasuki stack namun pertama keluar dari stack. Begitu sebaliknya dengan A. A merupakan elemen pertama yang memasuki tumpukan namun terakhir saat keluar dari tumpukan.
Di dalam gambar juga terlihat urutan masuk dan keluar yang berkebalikan. Elemen yang masuk pertama akan keluar erakhir dan sebaliknya. Prinsip ini telah dikenal dalam struktur data dengan nama prinsip LIFO (Last In First Out).
Di dalam pengembangannya, stack dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Dua bagian tersebut yaitu Single Stack dan Double Stack.
Single Stack
Single Stack atau Stack Tunggal adalah stack yang hanya terdiri dari satu koleksi. Bila stack ini direpresentasikan dengan array, maka pengisian dan penghapusan harus dilakukan bertahap dari indeks TOP-nya.
Di dalam proses single stack terdapat tiga macam proses utama, yaitu :
-          Inisialisasi
-          PUSH (Insert, Masuk, Simpan, Tulis)
-          POP (Delete, Keluar, Ambil, Baca, Hapus)
INISIALISASI
Proses inisialisasi merupakan proses awal yang dilakukan untuk menyimpan indeks penunjuk stack. Roses ini dilakukan dengan intruksi :
top = -1;
PUSH          
Proses push adalah proses memasukkan data baru ke stack indeks selanjutnya. Algoritma dasar proses PUSH adalah :
top = top + 1;
array[top] = variable_tampung;
 POP
Proses pop adalah proses mengeluarkan  / mengambil data dari stack dengan indeks yang disimpan pada variable top. Algoritma dasar proses POP adalah :
variable_tampung = array[top];
top = top – 1;
 Double Stack
Double Stack atau Stack Ganda adalah stack yang hanya terdiri dari dua single stack. Bila stack ini direpresentasikan dengan array, maka pengisian dan penghapusan harus melalui salah satu arah.
Di dalam proses double stack terdapat lima macam proses utama, yaitu :
-          Inisialisasi
-          PUSH1 (Proses Push untuk Single Stack pertama)
-          POP1 (Proses Pop untuk Single Stack pertama)
-          PUSH2 (Proses Push untuk Single Stack kedua)
-          POP2 (Proses Pop untuk Single Stack kedua)
Algoritma dasar masing – masing proses adalah sebagai berikut :
INISIALISASI
top1 = -1;
top2 = MAX_ARRAY;

PUSH1
top1 = top1 + 1;
array[top1] = variable_tampung;

POP1
variable_tampung = array[top1];
top1 = top1 – 1;

PUSH2
top2 = top2 – 1;
array[top2] = variable_tampung;

POP2
variable_tampung = array[top2];
top2 = top2 + 1;
Menginisialisasi Larik
menginisialisasi elemen larik adalah memberikan  harga awal untuk seluruh elemen larik, misalnya:
·         menginisialisasi dengan nilai 0 seperti  di bawah ini :
Procedure InisDgn0(output A:larik, input N:integer)
{menginisialisasi setiap elemen larik A[1..N] dengan nol}    
{K. Awal : N adalah banyak elemen efektif larik,
nilainya terdefinisi}
{K. Akhir : seluruh elemen larik A bernilai nol}
Deklarasi :  
K : integer
Deskripsi :
for k Ã… 1 to N do
A[k] Ã… 0
Endfor

*Kaitan antara array dengan struktur data
Dalam ilmu komputer , struktur data array atau hanya array adalah struktur data yang terdiri dari kumpulan elemen yang serupa ( nilai atau variabel ), masing-masing diidentifikasi dengan satu atau lebih integer indeks , disimpan sehingga alamat dari setiap elemen dapat dihitung dari perusahaan Indeks tuple dengan rumus matematika sederhana.
Array adalah yang paling penting data struktur dan tertua, dan digunakan oleh hampir setiap program dan digunakan untuk menerapkan struktur data lainnya, seperti daftar dan string . Mereka secara efektif memanfaatkan mesin pengalamatan komputer, memang, di komputer paling modern (dan banyak penyimpanan eksternal perangkat), memori adalah sebuah array satu dimensi dari kata-kata yang indeks adalah mereka. alamat, Prosesor , terutama prosesor vektor , sering dioptimalkan untuk array operasi.
            Array adalah salah satu struktur data sederhana dan paling banyak digunakan dalam program komputer. Array dalam bahasa pemrograman semua berbagi beberapa sifat-sifat umum:
  • Isi array disimpan dalam memori yang berdekatan.
  • Semua elemen array harus dari tipe yang sama atau dari tipe turunan, maka array yang disebut struktur data sebagai homogen.
  • elemen Array dapat langsung diakses. Dengan array jika Anda tahu bahwa Anda ingin mengakses elemen ke-i, Anda cukup menggunakan satu baris kode: arrayName [i].
Operasi yang umum dilakukan pada array adalah:
  • Alokasi
  • Mengakses
Mendeklarasikan array: (awalnya akan memiliki nilai null)
Struktur data adalah format khusus untuk mengatur dan menyimpan beberapa data. Umumnya Struktur Data meliputi jenis array, file, record, meja, pohon, dan sebagainya.
Data yang tersimpan dalam antrian adalah sebenarnya disimpan dalam array. Dua indeks, depan dan akhir akan digunakan untuk mengidentifikasi awal dan akhir antrian.
Ketika suatu elemen dihapus depan akan bertambah 1. Dalam hal mencapai masa lalu indeks terakhir yang tersedia itu akan direset ke 0. Maka akan diperiksa dengan akhir. Jika lebih besar dari akhir antrian kosong.

Ketika suatu elemen ditambahkan akhir akan bertambah 1. Dalam hal mencapai masa lalu indeks terakhir yang tersedia itu akan direset ke 0. Setelah incrementing itu akan diperiksa dengan depan. Jika mereka sama penuh antrian.


*Kaitan antara pointer dengan struktur data

pointer adalah referensi memori ke struktur data. Jadi, ketika Anda mengalokasikan memori untuk elemen daftar Anda, mereka akan disimpan di alamat beberapa X dalam memori sistem anda. Sebuah pointer hanyalah sebuah variabel yang berisi alamat X. Anda dapat mengakses memori yang poin pointer oleh dereferrencing dengan operator *.

Ex:


int main ()
{
LinkedList * x; / * Deklarasi pointer ke linked list (tipe yang akan Anda harus mendefinisikan menggunakan "struct" atau "kelas") * /


x = LinkedList baru (); / * Disini kita membuat (alias "instantiate") objek LinkedList dan mengalokasikan memori untuk itu, x sekarang berisi (menunjuk) alamat memori * objek LinkedList kami /


/ / Anda sekarang dapat mengakses setiap anggota LinkedList melalui x, misalnya x-> berikutnya mungkin mengarahkan Anda ke elemen berikutnya LinkedList  anda

Penggunaan Pointer di Struktur

Program C berikut menggambarkan penggunaan pointer dalam struktur.
# Include <string.h>
# Include <stdio.h>
# Include <stdlib.h>
struct Rekam
{
            char * nama;
            char * alamat;
            pin lama;
};
/ * Fungsi ini akan digunakan untuk mengurutkan daftar sesuai dengan jenis variabel array name.structure akan dibuat dan alamat   lokasi pertama dan jumlah lokasi, berarti catatan akan   dilewatkan sebagai argumen .* /
void sort (struct * Record str, int n)
{
            int i, j;
            struct Rekam temp;
            untuk (i = 0; i <n; i + +)
            {
              for (j = i +1; n <j; j + +)
              {
               if (strcmp (str [i],. nama str [j]. nama)> 0)
               {
                        temp = str [i];
                        str [i] = str [j];
                        str [j] = temp;
               }
              }
              }
}
void main ()
{
            char pilihan;
            int i, n = 0;
            struct Record string [10];
            clrscr ();
            printf ("Input List \ n");
            printf ("\ n ************** \ n");

melakukan
{
  string [n]). nama = char (*) malloc (50 * sizeof (char);
  string [n]). alamat = char (*) malloc (100 * sizeof (char);
printf ("Nama:");
mendapat (string [n] nama.);
printf ("\ n Alamat:");
mendapat (string [n] alamat.);
printf ("Pin Code:");
scanf ("% ld", & string [n] pin.);
n + +;
fflush (stdin);
printf ("\ n Input lain y / n?");
pilihan = getchar ();
fflush (stdin);
} While (pilihan '==' y);
  printf ("n Unsorted \ daftar");
printf ("\ n ******************** \ n");
untuk (i = 0; i <n; i + +)
{
printf ("\ n% s", string [i] nama.);
printf ("\ n% s", string [i] alamat.);
printf ("\ n% ld", string [i] pin.);
printf ("\ n ******************** \ n");
}
getch ();
sort (string, n);
printf ("\ n daftar Diurutkan");
printf ("\ n ******************** \ n");
untuk (i = 0; i <n; i + +)
{
printf ("\ n% s", string [i] nama.);
printf ("\ n% s", string [i] alamat.);
printf ("\ n% ld", string [i] pin.);
printf ("\ n ******************** \ n");
}
getch ();

Comments

Popular posts from this blog

— Array — Array ( larik ) adalah suatu variable yang merepresentasikan daftar (list) atau kumpulan data yang memiliki tipe data sama . — Elemen array merupakan alamat memori setiap data yang terdapat dalam array. Setiap data tersebut pasti mempunyai alamat yang berbeda-beda . — Untuk mengakses nilai dari suatu elemen array, kita akan menggunakan Indeks   dari array . Indeks array selalu dimulai dari 0 , bukan 1 . donload file nya di bawah ini

Software / Perangkat Lunak

Apa yang dimaksud dengan Software? Perangkat lunak adalah instruksi terperinci yang mengendalikan operasi sistem komputer Fungsi perangkat lunak adalah: Mengatur sumber daya komputer dari suatu organisasi. Menyediakan tools/ perkakas-perkakas untuk manusia dalam rangka mengambil keuntungan dari sumber daya tersebut . Bertindak sebagai perantara antara organisasi dan informasi yang telah disimpan.

CARA GANTI FONT SONY ERICSSON

    Menggunakan XS++ (kalo bisa yang versinya 3.2) copyright©mohanlink.blogspot.com Buka aplikasi XS++ anda, lalu tekan connect pada XS++ Kalau sudah hubungkan hp anda dengan kabel data sambil menekan tombol c Tunggu sebentar, dan jika berhasil terkonnect, maka akan muncul tulisan ”ready for operation” pada XS++ anda. Selanjutnya, pindahkan TAB ”FLASH” ke TAB ”FSX™”. Dan Tekan ”START” Tunggu sampai proses analyzing file file sistem selesai. Sehingga muncul pada jendela kanan ada folder : TPA, System, IFS. Kalau sudah, pilih folder: tpa/preset/system/fonts masukan file-file yang sudah anda download tadi (yang terdiri dari FONTS.XML, nama font .ttf, ke dalam folder ”fonts”. (catatan: ketika anda mengkopikan file-file tersebut anda tidak perlu menghapus file-file yang lama. Karena secara otomatis file-file yang baru tersebut akan menempa atau menggantikan file-file yang lama) Kalau sudah, jangan lupa tekan ”shutdown” pada aplikasi XS++ anda, hingga muncul ”unplug your ph